SELAMAT  DATANG  DI  LENTERA  PUBLIK ---  SAJIAN  INFORMASI  DAN  BERITA-BERITA  HANGAT --- DIULAS  LUGAS  MENGEDEPANKAN  PENGETAHUAN  UMUM BERDASARKAN  FAKTA  DAN  REALITAUntuk Informasi.. Saran Dan Kritik Hubungi: 087 829 701 955 - 081 324 080 955   Email: bangher7474@yahoo.co.id

Senin, 14 September 2009

PENDIDIKAN KESETARAAN

Komunitas Dayak
Di Padepokan
"BUMI SEGANDU"













Foto bareng:
Takmad Jaya Diningrat Kuasa Alam (tengah)
dengan Nara Sardiman, Kasi Kesetaraan Dikmas
Dinas Pendidikan
Kab.Indramayu (baju batik)


Pendidikan Kesetara
an
Memasuki Suku Dayak

Bumi Segandu merupakan nama sebuah padepokan bagi masyarakat dayak yang berdomisili di Desa Kerimun Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu - Jawa Barat. Dalam Padepokan tersebut ada Seseorang bernama Takmad Jaya Diningrat Kuasa Alam, Ia tak lain adalah Pimpinan Padepokan Bumi Segandu sekaligus Orang yang dituakan dilingkungannya.

Dalam sejarah menyebutkan bahwa Takmad Jaya Diningrat Kuasa Alam beserta kerabatnya telah lama menetap di Desa Kerimun. Sama seperti masyarakat lainnya, Keberadaan suku Dayak di Desa tersebut bercampur baur antara satu dengan lainnya, sebagaimana hidup bermasyarakat dan bergotong royong.





Pemerintah Kabupaten Indramayu tak mengurangi perhatian atas keberadaan mereka. Direncanakan, dalam waktu dekat Program pendidikan kesetaraan (kejar paket B) akan memasuki suku dayak, tepatnya bulan September 2009.

Seperti yang dikemukakan oleh Kasi Bidang Kesetaraan, Nara Sardiman S.Sos bahwa Pada lounching Perdana di padepokan Bumi Segandu oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu melalui Bidang PLS akan menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan (paket B setara SMP/MTS) dengan merekrut sebanyak 25 Warga Belajar sebagai peserta didik pada kelompok belajar bernama Bumi Segandu.


Hal itu dilakukan, adalah sebagai Upaya pemerintah dalam meningkatkan usia rata - rata lama sekolah serta IPM di Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pendidkan Bidang PLS.

Bumi Segandu yang selama ini terkesan terabaikan dalam dunia pendidikan, namun mulai saat ini oleh Dinas Pendidkan Kabupaten Indramayu melalui Bidang Kesetaraan mencoba memberi lentera pendidikan guna mengangkat derajat ilmu pengetahuan agar setara dengan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tags

My Blog List

Followers

lenterapublik Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template